Desa Dombu

Lokasi: Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah - Indonesia 

 

 DESA DOMBU

Kearifan Adat Yang Tetap Terjaga 

 

Di Provinsi Sulawesi Tengah, ada komunitas suku terasing yang membangun rumah dan hidup di atas pohon. Namanya Suku Da’a, tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Donggala.

Suku ini mempunyai keahlian menyumpit, seperti suku Dayak di Kalimantan. Warga suku Da’a lebih senang membikin rumah diatas pohon dan kebiasan tinggal diatas pohon ini masih bertahan sampai sekarang. Desa Dombu, Kecamatan Marowala, Kabupaten Donggala bisa dijangkau hanya dalam waktu kurang lebih sejam perjalanan dengan mobil dari Palu. Perjalanan menuju Desa Dombu mendebarkan. Jalanan sangat sempit, permukaan aspal hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat. Selain menanjak, jalanan juga berkelok-kelok tajam, dengan jurang yang dalamnya mencapai ratusan atau mungkin ribuan meter dibawahnya. Sementara di sisi lainya, alam membentangkan dinding dengan kemiringan hampir 80 derajat. Sedikit saja supir kendaraan lalai, alamatlah anda tidak akan sampai ketempat tujuan, atau juga tidak akan pulang ke Palu dalam keadaan selamat. Ada angkutan pedesaan yang setiap hari melayani trayek Palu-Dombu.

Namun suasana yang mendebarkan ini rasanya terbalas tuntas ketika menyaksikan panorama alam pegunungan sepanjang perjalanan. Pemandangan benar-benar mengagumkan! Puncak Gunung Gawalise di ketinggian sekitar 1.500 di atas permukaan laut tampak berselimut kabut tebal yang sepertrinya enggan beranjak dari sana. Pada sisi kiri jalan, jurang sedalam ribuan meter tampak mengerikan, Tapi juga mengasyikan dengan pepohonan yang selalu hijau. Sementara jauh di dasar jurang, terlihat sebuah sungai dengan air yang tenang mengalir dibagian tengahnya, sedangkan pada sisi kanan dan kiri terlihat timbunan pasir gunung. Pada sedikit daerah lembah yang datar, terlihat sawah-sawah menghijau. Di punggung-punggung bukit terjal itu, terlihat rumah-rumah tembok beratap seng bergelombang milik penduduk. Entah, bagaimana caranya penduduk disana bisa mengangkut material pasir, semen dan seng di ketinggian.

Di sebuah tikungan jalan menanjak, tampak sebuah bangunan berdinding papan bercat putih, beratap seng yang tampak tidak terurus. Konon, rumah ini adalah sebuah pesanggrahan yang di hancur berantakan dan kini diganti dengan rumah papan. Meski demikian, konstruksi bangunannya masih menyerupai yang asli. Belanda sepertinya tidak salah membangun tempat peristirahatan disini. Karena dari tempat ini kita bisa leluasa menyaksikan panorama alam di semua lokasi sekitar tempat itu, termasuk melihat pemandangan Kota Palu dengan teluknya yang teduh.

Udara pegunungan di ketinggian 1.300 meter di atas permukaaan laut nan sejuk, membuat orang betah berlama-lama di tempat ini. 

Warga Suku Da’a sangat menjunjung tinggi penegakan hukum adat. Segala perkara berat dan ringan akan dianggap selesai dengan sendirinya jika sudah di selesaikan secara adat.

Sampai kini, sekitar 75 persen warga Suku Da’a tetap mempertahankan kebiasaan hidup di tempat-tempat ketinggian. Selain aman dari gangguan binatang buas, juga lebih leluasa menyaksikan panorama alam dari atas ketinggian.

Anda mempunyai jiwa petualang? Tak salah jika Desa Dombu menjadi salah satu destinasi wisata ketika anda berada di Kota Palu.


tanjung-matob  Lokasi: Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah - Indonesia    TANJUNG...
[Baca Selanjutnya]
cagar-alam-morowali Lokasi: Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah - Indonesia    CAGAR ALAM...
[Baca Selanjutnya]
cagar-alam-salodik  Lokasi: Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah - Indonesia    CAGAR ALAM...
[Baca Selanjutnya]
trekking-di-lembah-bada Lokasi: Kabupaten Poso Sulawesi Tengah - Indonesia    TREKKING DI LEMBAH...
[Baca Selanjutnya]
air-terjun-saloupa  Lokasi: Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah - Indonesia     AIR...
[Baca Selanjutnya]
desa-dombu Lokasi: Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah - Indonesia     DESA...
[Baca Selanjutnya]

Quik Link Wisata

 

Likunggavali 2

 

22,93 mm

Investasi

Peluang Investasi Lainnya

17.01.2013

 Peluang Investasi Lainnya Peluang investasi lainnya yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah
Peluang Investasi Industri Pengolahan Rumput Laut

17.01.2013

Bidang Usaha Industri Pilihan : Jenis usaha industri yang tidak memerlukan banyak lahan dan a
Peluang Investasi Industri Arang Briket

17.01.2013

Bidang Usaha Industri Pilihan : Jenis usaha industri yang tidak memerlukan banyak lahan dan a

PENGUNJUNG

558832
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
138
381
1538
554655
5403
3631
558832
Your IP: 54.160.245.121
Server Time: 2017-12-15 06:42:43

BISNIS

HOTEL